1.
Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli
a. Menurut Suyanto,
“Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan
industri”.
b.
Jessica Helfand, “Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan
grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang
individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat
menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif
atau sesuatu yang mudah diingat”.
c. Danton
Sihombing, “Mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal
yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi
ataupun ilustrasi”.
d.
Michael Kroeger, “Visual communication (komunikasi visual) adalah latihan
teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna,
bentuk, garis dan penjajaran”.
2.
Unsur-Unsur di dalam Desain Grafis
- Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik
poin dengan titik poin yang lainnya. Garis dapat diartikan sebagai goresan
pensil, pena, atau mouse dalam komputer dan lain sebagainya. Garis tidak
mengenal istilah kedalaman (depth), dan hanya memiliki ketebalan dan panjang,
oleh sebab itu garis sering dimaknai sebagai elemen satu dimensi. Bentuk garis
memiliki banyak variasi, bentuk garis itu sendiri biasanya dapat memaknai
penggunaanya. contoh penggunaan garis misalnya:
o Garis
lurus, garis lurus biasanya diidentikan dengan kesan kaku, variasi ini biasanya
digunakan sebagai simbol formalitas.
o Garis
lengkung, penggunaan garis lengkung biasanya memberikan kesan lembut dan luwes.
o Garis
zigzag, garis zigzag sering dimaknai sebagai garis yang keras sekaligus
dinamis.
o Garis
tidak beraturan, garis ini bisanya menimbulkan kesan fleksibel dan informal.
o Garis
horizontal, horizontal melambangkan kesan pasif.
o Garis
vertikal, vertikal sering dimaknai sebagai bentuk garis yang memiliki kesan
stabil.
- Bidang (Shape)
Bidang atau biasanya juga disebut shape merupakan segala bentuk apapun yang
memiliki dimensi tinggi dan lebar bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris
seperti (lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran, dan
sebagainya) dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan. Bidang geometris memiliki
kesan yang formal, sedangkan bidang non geometris memiliki kesan yang lebih
dinamis dan tidak formal.
- Tekstur
Dalam desain grafis tekstur adalah nilai halus dan kasarnya sebuah
benda, atau juga bisa disebut nilai raba. Penggunaanya dapat dimayakan untuk
memberikan visual yang berkesan dan berkarakter. Dalam sebuah desain komunikasi
visual tekstur sering digunakan untuk mengatur keseimbangan dan kontras. Pada
prakteknya tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan
benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit, kayu, dan sebagainya. Penggunaan
tekstur dalam desain grafis juga biasanya sering diaplikasikan pada latar
desain atau sering kita sebut background desain.
- Ruang (Space)
Ruang atau space merupakan jarak anatara suatu bentuk dengan bentuk yang
lainnya, yang pada desain grafis biasanya dapat dijadikan sebagai unsur pemberi
efek estetika desain. Dalam pengertian desain grafis area yang kosong yang
berada diantara elemen-elemen visual juga dianggap sebagai elemen desain.
Bidang kosong dimaksudkan untuk menambah kesan nyaman dan “istirahat” serta
memberikan kesan tekanan kepada objek visual yang ada dalam sebuah desain.
- Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain grafis yang mendefinisikan besar
kecilnya suatu objek. Unsur ini digunakan untuk memperlihatkan objek
manakah yang kita mau tonjolkan karena dengan menggunakan unsur ini seorang
desainer grafis akan dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada objek
desain sehingga orang akan tahu skala prioritas objek yang akan dilihat
terlebih dahulu dibandingkan yang lainnya, misalnya saja untuk ukuran suatu
judul akan lebih besar dari skala objek yang lainnya.
- Warna (Colour)
Warna adalah elemen dari unsur desain grafis yang menjadi penarik
perhatian paling utama. Penggunaan warna yang tepat akan berbanding lurus
dengan kualitas, citra, keterbacaan, dan penyampaian pesan dalam desain
tersebut. semisal adalah untuk penggunaan warna yang lembut akan memancarkan kesan
romantis, kedamaian, dan kenyamanan. Sedangkan warna-warna tegas dan terang
akan memberi kesan dinamis. Menghindari memadukan warna yang salah adalah
sangat penting untuk menjauhi penafsiran yang salah oleh orang yang melihatnya.
3.
Macam-Macam Software Desain Grafis
- Adobe Indesign
Adobe Indesign adalah jenis software desain grafis yang
berada dalam perangkat lunak destop publishing atau biasa dikenal dengan nama
DTP. Adobe Indesign diproduksi oleh Adobe sistem yang bisa anda gunakan untuk
membuat poster, brosur, majalah atau buku. Aplikasi ini banyak digunakan
masyarakat luas untuk melakukan suatu desain dalam kehidupan sehari-hari.
- Adobe Page Maker
Adobe Page Maker adalah perangkat lunak aplikasi pengolah data yang digunakan
untuk mendesain layout buku, cover majalah atau makalah. Aplikasi ini juga bisa
digunakan untuk mendesain koran dan biasa digunakan untuk keperluan undangan,
kartu nama, kartu ucapan dan kop surat.
- Adobe Frame Maker
Software Desain Grafis jenis Adobe Frame Maker adalah perangkat lunak
yang menggunakan tampilan XML untuk native penulis konten tekstur. Berpaduan
dengan PDF yang memiliki konten out-off-the-box integrasi CMS. Aplikasi ini
memiliki sistem pempublikasian dengan menggunakan saluran, format dan layanan
HTML5 yang menggunakan penerbit server 10 atau Adobe teknis komunikasi Site 4.
Aplikasi ini biasa menyimpan data dalam bentuk PDF, HTML, WEbhelp dan Adobe
Air.
- Macromedia Freehand
Macromedia Freehand adalah jenis aplikasi software desain grafis yang
digunakan untuk melakukan editing gambar berbasis vector. Software ini bisa
digunakan oleh para designer untuk melakukan editing logo baik kelompok ataupun
perusahaann. Namun software ini juga bisa digunakan untuk melakukan editing
pada brosur, kartu nama, undangan dan beberapa kebutuhan lain.
- Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah software desain grafis yang secara khusus
dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar yang akan digunakan dalam suatu
kepentingan. Aplikasi software desain grafis ini biasa digunakan oleh para
photographer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih hidup dan nyata.
Adobe Photoshop adalah produk terbaik yang pernah dikeluarkan oleh Adobe
Systems. Anda dapat membuat desain poster, spanduk, logo, dan kebutuhan lainnya
dengan Adobe Photoshop.
- Photo Shine
Photo shine adalah jenis aplikasi foto software desain grafis yang biasa
digunakan untuk mengabungkan beberapa foto dalam satu frame. Dalam aplikasi ini
berbagai macam bingkai juga ditawarkan agar anda bisa memilih bingkai yang anda
suka. File penyimpanan foto biasa menggunakan JPG agar gambar mudah disimpan
dan dibuka dalam kondisi apapun. Ada beberapa referensi printer cetak foto yang
handal untuk Anda gunakan di era sekarang ini.
- Photo Scape
Sama hal nya dengan PhotoShine dan PhotoCollage, Photo Scape adalah
Software Desain Grafis yang mendukung anda melakukan editing 2 foto atau lebih.
Photo Scape memiliki fitur seperti viewer, efek gambar (sephia, black and
white), emoji, tambahan tulisan dan masih bayak fiture yang ada dalam aplikasi
Phote Scape. Ada pula fitur untuk membuat animasi gerak dengan menggabungkan
minimal 2 layer gambar untuk berganti dengan hitungan detik.
- Picture Manager
Meskipun manager namun kemampuan yang dimiliki tidak hanya untuk mengolah
gambar. Secara khusus fitu ini memiliki nama lengkap Microsoft Office Picture
Manager merupakan software desain grafis yang memiliki instalasi Microsoft
Office didalamnya. Fitur yang ada di dalamnya juga beraneka ragam seperti
brightness dan contrast, re-color, menghilangkan efek red-eye pada Photo,
hingga resize compressing mengubah ukuran Photo.
- ACDSee
Picture Manager adalah aplikasi software desain grafis yang memiliki
kesamaan dengan Microsoft Office Picture Manager. Namun software ini memiliki
berbagai macam tambahan fitur yang digunakan untuk kebutuhan professional
desiner seperti fitur manejemen Photo Manager.
Berbagai macam software desain
grafis dan Fungsinya bisa anda pelajari seperti yang sudah disebutkan diatas.
Selain mempelajari anda juga disarankan untuk melakukan praktek secara langsung
pada sesuai dengan imajinasi yang anda miliki. Jelek ataupun bagus karya yang
anda hasilkan itu adalah karya anda sendiri.
4.
Pengertian Animasi Menurut Para Ahli
Agus Suheri
Menurut Agus Suheri pengertian animasi adalah kumpulan dari gambar yang
sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan.
Ibiz Fernandez
Menurut Ibiz
Fernandes pengertian animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali
serankaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.
5.
Bagian-Bagian Animasi
- Animasi Tradisional (2D)
Teknik animasi yang
paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena teknik
animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan.
Tradisional animasi juga sering disebut cel Animation karena pada awalnya
tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid tranparent yang sekilas mirip
dengan transparansi OHP. Cel Animation kemudian juga disebut 2D Animation.
- Animasi Stopmotion
Sering pula disebut
claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan
clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Tehnik stop-motion animasi
pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906; yaitu dengan menggambar
ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan
still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya.
Tehnik stop-motion
animasi ini sering digunakan dalam visual effect.
- Animasi Komputer (2D & 3D)
Sesuai dengan
namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Keseluruhan
objek bisa diperlihatkan secara 2 maupun 3 dimensi. Sebagai contoh adalah pada
film animasi buatan Pixar. Pada film ini karakter yang tampil begitu real dan
terlihat mempunyai kemampuan gerak yang hampir menyamai gerakan mobil balap dan dapat berbicara.
- Kombinasi Animasi
- Kombinasi 2D & 3D
Yaitu penggabungan
teknik Animasi 2D dengan 3D. Sebagai contoh adalah pada film The Road to
Eldorado, Titan.
2. 2D &
Live Shot
Yaitu penggabungan teknik Animasi 2D dengan Live Shot. Sebagai contoh
pada film Space Jam, Osmosis Jones.
3. 3D &
Live Shot
Yaitu penggabungan
teknik Animasi 3D dengan Live Shot. Sebagai contoh pada film Jurasic Park, Lord
of the Ring, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo.
6. 12 Prinsip Dasar Animasi
1. Solid Drawing
Pada animasi
tradisional, Solid drawing berarti gambar yang mempunyai kedalaman perspektif.
Contoh pada gambar di bawah ini, gambar sebelah kanan bisa dikatakan lebih
mempunyai kedalaman perspektif karena posisi mata serta mulut yang mengikuti
bentuk bundar dari kepala dibandingkan bila tidak mempunyai perspektif seperti
pada gambar di sebelah kanan.
Pada animasi 3D,
solid drawing berarti memberikan keseimbangan pada pose dengan tujuan untuk
mencari pose siluet yang terbaik ( terlihat lebih mempunyai berat dan volume )
seperti pada pose karakter di sebelah kanan dan menghindari terjadinya twinning
seperti yang terdapat pada karakter sebelah kiri, dimana pose bagian kiri &
kanan dari karakter terlihat sama persis dan tidak mempunyai variasi balancenya.
2. Menekan dan Meregangkan
(Squash and Stretch)
Squash & Stretch merupakan gerakan fleksibel seperti benda
yang dihempaskan dan kemudian diregangkan. Gerakan seperti ini bisa kita temui
sebagai contohnya pada bola yang memantul, dimana bola tersebut mempunyai
gerakan squash ( menghempas ) sewaktu menyentuh tanah dan kemudian meregang
sebelum bola tersebut kembali memantul ke atas. Gerakan seperti ini bisa
memberikan kesan kelenturan yang membuat animasi menjadi lebih alami serta enak
dilihat.
Gerakan squash & stretch bisa diterapkan dimana saja dalam membuat suatu animasi. Mulai dari gerakan tubuh, benda mati bahkan bisa juga diterapkan untuk animasi text.
3. Antisipasi
Anticipation adalah
gerakan yang dilakukan sebagai ancang-ancang untuk mempersiapkan diri memasuki
gerakan yang berikutnya. Contohnya : ancang-ancang yang dilakukan sebelum
seseorang meloncat atau berlari.
4. Staging
Staging adalah
tahap pengaturan suatu set adegan, posisi kamera atau pose suatu karakter
sehingga adegan tersebut menjadi mudah di mengerti oleh penonton. Staging yang
baik akan dapat dengan jelas mengkomunikasikan pada penonton mengenai cerita
yang ingin disampaikan dari adegan tertentu.
Pada contoh gambar
staging pose karakter yang ada di atas, karakter sebelah kiri mempunyai staging
pose yang lebih baik dibandingkan staging pose sebelah kanan karena mempunyai
siluet karakter yang lebih mudah di pahami dan dibaca.
5. Straight ahead action &
Pose to Pose
Ada 2 metode dalam melakukan gerakan animasi : Straight ahead action
and pose to pose.
Straight ahead action merupakan pendekatan menciptakan gerakan secara berkesinambungan mulai dari awal tanpa banyak perencanaan akan menjadi seperti apa akhir gerakannya nanti. Gerakan – gerakan yang diciptakan bisa merupakan ide yang spontan serta kreatif dan muncul seiring dengan proses pembuatan gerakan yang dilakukan secara berkesinambungan.
Pendekatan kedua
yaitu Pose to Pose dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu pose –
pose seperti apa yang akan dimiliki oleh karakter yang akan dianimasikan pada
suatu adegan. Setelah menentukan pose-pose yang akan digunakan, baru dilakukan
penghubungan gerakan antar pose yang ada. Metode ini menawarkan perencanaan &
kejelasan dalam melakukan proses animasi, sedangkan pada straight ahead action
terdapat spontanitas & kemungkinan ide yang segar keluar dari proses
animasi tersebut.
6. Follow Through &
Overlapping Action
Follow through
& Overlapping action merupakan gerakan susulan pada si karakter atau benda
yang terjadi setelah berhentinya karakter atau benda tersebut. Contohnya
seperti gerakan pendulum dibawah ini.
Pendulum bergerak
dari kiri ke kanan dan kemudian setelah pendulum tersebut berhenti, ayunan ekor
pendulum tersebut masih tetap mengayun sampai akhirnya benar-benar berhenti.
Contoh lainnya ialah sewaktu kita berhenti berjalan dan tangan kita berhenti
mengayun, biasanya akan ada gerakan berlebih sedikit sebelum tangan kita
benar-benar berhenti.
7. Slow In dan Slow Out
Slow in dan slow out
merupakan gerakan perlambatan yang terjadi pada awal dan akhir suatu animasi.
Gerakan perlambatan ini memberikan variasi pada suatu gerakan animasi ketimbang
tidak ada perlambatan sama sekali.
Animasi yang tidak
mempunyai perlambatan di awal dan akhir animasinya akan terkesan sangat kaku.
Seperti pada contoh
diatas. Bola yang pertama menggambarkan gerakan animasi yang tidak mempunyai
perlambatan di awal dan akhir. Bola pertama tersebut mempunyai gerakan yang
lebih kaku dibanding gerakan bola kedua yang mempunyai perlambatan di awal dan
di akhir.
8. Arcs
Arcs merupakan
kurva melingkar yang terdapat pada suatu gerakan ketimbang hanya dengan memakai
gerakan lurus saja.
Arc memungkinkan
gerakan animasi kita terlihat lebih natural ketimbang bila kita tidak
menggunakan arc karena pada dasarnya gerakan yang terjadi di dunia nyata
sehari-hari kita sangat jarang terjadi pada satu garis lurus.
9. Waktu
Timing ditentukan dari jumlah frame in between yang ada di antara
gerakan suatu benda atau karakter. Semakin cepat sedikit jumlah frame maka
gerakan menjadi semakin cepat, sebaliknya semakin banyak jumlah frame yang ada
maka gerakan menjadi lebih lambat. Gerakan dengan timing yang cepat dan lambat
masing-masing akan memberikan cerita yang berbeda.
Contoh pada gambar di bawah ini, jumlah frame yang sedikit memberikan kesan kalau kotak ini lebih ringan dari yang kelihatannya.
Sedangkan dengan
ditambahnya jumlah frame seperti dibawah ini, lebih terlihat kalau sebenarnya
kotak yang diangkat tidaklah ringan dan dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa
mengangkatnya sampai pada pose terakhir.
10. Secondary Action
Secondary action
merupakan gerakan tambahan yang terjadi untuk melengkapi gerakan utama yang
ada. Gerakan secondary action hanya bersifat melengkapi dan tidak mengambil
alih performa dari gerakan utama.
Sebagai contoh :
Gerakan tangan kiri kebawah setelah pose utama memegang kepala seperti yang terdapat
pada karakter di bawah ini. Secondary action bila digunakan dengan tepat, akan
dapat menambah kedalaman pada karakteristik karakter kita.
11. Exaggeration
Exaggeration
merupakan gerakan atau ekspresi yang dilebihkan dari yang biasanya untuk mendapatkan
kesan animasi yang lebih meyakinkan. Seperti pada contoh gambar dibawah ini,
dimana karakter sebelah kanan mempunyai gerakan memukul yang di lebihkan
sehingga lebih terlihat meyakinkan daripada karakter di sebelah kiri.
12. Appeal
Appeal merupakan
penampakan dari sebuah karakter yang terlihat mempunyai karisma tersendiri dan
menarik untuk dilihat. Untuk memperkuat appeal dari suatu karakter, ada 3 hal
yang perlu diperhatikan yaitu :
1. Shape yang bervariasi : Makin bervariasi bentuk dari karakter tersebut
maka makin menarik untuk dilihat. Setiap design karakter yang baik mempunyai
shape yang jelas.
Sebagai contoh :
Pada contoh gambar di bawah ini, karakter sebelah kiri mempunyai appeal yang
tidak terlalu menarik bila dibandingkan dengan karakter di sebelah kanan.
Hal ini disebabkan
karakter di sebelah kanan mempunyai shape keseluruhan yang lebih menarik &
bervariasi dibandingkan dengan karakter sebelah kiri.
2.
Bermain dengan Proporsi : Kita bisa bermain dengan proporsi suatu karakter untuk membuat appeal
dari karakter tersebut menjadi lebih menarik. Sebagai contoh : Karakter di
bawah ini mempunyai proporsi kepala yang diperbesar dari pada badannya untuk
membuat appeal dari karater ini lebih lucu dan menarik.
3. Tetap sederhana ( Simple ) : Design karakter yang terlalu banyak informasi
dan detail tidak akan mempunyai appeal yang kuat serta mudah diingat bila
dibandingkan dengan design karakter yang sederhana dan lebih mudah diingat.
Contoh pada gambar
di bawah ini, design karakter sebelah kanan mempunyai design yang lebih mudah
diingat dibandingkan design karakter sebelah kiri.
7. Software pembuatan animasi
1. Anime Studio
Anime Studio adalah
salah satu software pembuat animasi terbaik yang memiliki banyak fitur. Kamu
dapat men-download trial version dari software secara gratis. Anime Studio
adalah aplikasi animasi besar yang memungkinkan pengguna untuk menggambar
karakter latar belakang, masukan dan lain-lain. Software animasi dapat membantu
kamu untuk mempublikasikan film animasi kamu sendiri dengan mudah. Anime Studio
memiliki banyak fitur dengan banyak konten animasi pre loaded sehingga kamu
dapat membuat segala jenis animasi dengan cepat.
2. FotoMorph
FotoMorph adalah
salah satu software yang terbaik untuk Windows OS. Salah satu perangkat lunak
animasi paling berguna yang memiliki banyak fitur untuk mengedit dan
meningkatkan gambar animasi kamu. FotoMorph telah dirancang untuk membuat
animasi real time dengan sangat mudah menggunakan antarmuka sehingga pengguna
bisa mendapatkan gambar pengeditan yang menyenangkan. FotoMorph memungkinkan
pengguna untuk membuat foto lucu dalam hitungan menit.
3. Abrosoft FantaMorph
Salah satu software
animasi terbaik yang dapat digunakan untuk menghidupkan foto dengan
mudah.Meskipun ini software animasi bukanlah sebuah software gratis tapi kamu
dapat men-download versi percobaan gratis dari Abrosoft FantaMorph pada PC
kamu. Salah satu perangkat lunak animasi paling kuat bahwa pengguna dapat
morphing gambar dan efek animasi canggih.
4. Aurora 3D Animation Maker
Aurora 3D Animation
Maker merupakan salah satu aplikasi animasi yang paling populer yang memiliki
banyak fitur untuk menciptakan efek animasi terbatas dalam film kamu. Kamu
dapat menambahkan efek animasi khusus dalam gambar dan film dengan mudah
menggunakan antarmuka. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk
menambahkan watermark untuk video dan foto dengan efek khusus. Kamu dapat
menemukan banyak fitur yang berguna dalam software ini dan kamu juga dapat
men-download versi percobaan gratis dari perangkat lunak yang besar.
5. AnimatorDV Simple
AnimatorDV Simple
adalah perangkat lunak animasi yang kuat yang membantu pengguna menciptakan
film animasi stop motion dengan mudah menggunakan antarmuka. Kamu dapat
men-download versi lengkap dari Simple AnimatorDV secara gratis dari situs web
software download.
6. Pivot Animator
Pivot Animator
adalah alat animasi besar yang dapat di-download pada PC Windows kamu secara
gratis. Animasi sederhana perangkat lunak yang memberikan kemungkinan animasi
terbatas.
7. MonkeyJam
MonkeyJam adalah software
animasi yang membantu pengguna membuat animasi gerakan berhenti dengan mudah.
Salah satu software animasi yang paling berguna yang memungkinkan pengguna
untuk merekam animasi mereka sendiri dengan menggunakan fitur stop motion.
8. Anime Studio Pro
Anime Studio Pro
adalah salah satu software pembuat animasi terbaik yang sangat cocok bagi para
profesional. Jika kamu seorang animator profesional dan mencari aplikasi
animasi kualitas terbaik, kamu dapat men-download perangkat lunak pada PC
Windows kamu.
9. Stykz
Stykz adalah
software animasi yang kuat, freeware yang mendukung semua utama sistem operasi
seperti Windows, Mac dan Linux. Kamu dapat men-download versi lengkap dari
software ini pada komputer kamu secara gratis.
10. Sqirlz Morph
Sqirlz Morph adalah
salah satu perangkat lunak yang tersedia gratis di internet. Ini adalah
utilitas animasi yang sangat sederhana sehingga pengguna bisa mengedit atau
morphing beberapa gambar dan video dengan mudah.
Kesimpulan
Ilmu untuk dipelajari
dari desain grafis dan animasi saat ini sudah mudah dan banyak terdapat di
dalam internet. Itu semua mulai dari diri kita untuk mempelajarinya dengan
tekun. Sehingga potensi dalam diri kita dapat melambung dan berjalan lurus
seiring berkembangnya zaman. Semoga kalian dapat mempelajarinya dari tulisan
yang saya buat ini. Terima kasih.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar